Home » » Mencari Uang dengan Berbisnis Tulisan 1

Mencari Uang dengan Berbisnis Tulisan 1

Written By Fiksi Blog on Saturday, November 30, 2013 | 8:52 PM

Karena ternyata  tulisan  tentang mencari uang dengan berbisnis tulisan mendapat perhatian dari pengunjung blog ini, maka blog ini mencoba untuk melanjutkannya. Tetapi tulisan lebih mengarah ke praktik bukan teori.
Sekarang tingggal Anda mau menulis bentuk apa.  Esey, opini, feature apa fiksi. Tetapi untuk fiksi dibatasi hanya pada prosa. Biasanya redaksi media massa terbuka menerima tulisan dari luar untuk rubrik opini, esay dan feature. Kalau untuk berita, khusus porsi wartawan media massa tersebut.

Mencari Uang dengan Berbisnis Tulisan 1
Gambar: Monica-marcellia.blogspot.com
Kita mulai dari esay saja dulu yang dekat dengan opini. Sebetulnya, esay tidak beda dengan artikel bahkan dengan feature. Tulisan lengkap dalam majalah atau surat kabar.  Untuk bisa menghasilkan tulisan seperti yang diharapkan perlu banyak membaca dan tekun berlatih. Membaca di sini bukan hanya membaca buku dan koran, majalah dan lain-lain, tetapi juga membaca apa yang kita rasa, raba, dengar dan lihat. Karena ruang memori di otak terbatas, maka perlu dibantu dengan catatan. Ini untuk membantu munculnya ide yang akan kita tulis.

Tetapi sering terjadi, sudah duduk di depan komputer atau  laptop, ide sudah mendesak minta ditulis, tapi kesulitan untuk membuat lead tulisan pembuka pada paragraf pertama. Maka sebaiknya membuat kerangka lebih dahulu. Soal judul bisa ditulis di belakang, tetapi memang judul bisa menggiring kita fokus pada persoalan. Tetapi sering kali saat kita menulis ide baru muncul sehingga judul akhirnya diubah. Penulis yang sudah jadi pun tetap membutuhkan kerangka meskipun mungkin hanya ada dalam pikiran.


Kemudian setelah selesai, sebaiknya tulisan diendapkan dulu, disimpan. Kita baca lagi, tetapi saat kita membaca jangan memosisikan diri sebagai penulis, melainkan sebagai pembaca agar bisa melihat kekurangannya. Perlu pula diperhatikan, kalau mau mengirim naskah ke suatu  redaksi pelajari dulu media massa tersebut. Tulisan seperti apa yang banyak dimuat di situ. Kita perlu menyesuaikan agar tulisan bisa dimuat. Nah silakan mulai mencoba.     
Share this article :

0 comments:

Post a Comment

Popular Posts

 
Support : Nusajawa Network | Blog SEO Adsense | Galeri Bola
Copyright © 2013. Gelora Blog - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger Edited by Nusajawa Network