Home » » Mencari Uang dengan Berbisnis Tulisan

Mencari Uang dengan Berbisnis Tulisan

Written By Unknown on Thursday, November 28, 2013 | 8:42 PM

  Mencari uang dengan berbisnis tulisan, maksudnya menjadi penulis yang mengirimkan berbagai tulisan ke beberapa media massa. Berbisnis, karena menulis juga membutuhkan modal. Mencari bahan, mengolahnya kemudian menjual kepada media massa. Sebetulnya semua orang bisa melakukannya, tinggal ada kemauan apa tidak. Dalam istilahnya St Kartono,  tidak ada orang yang tidak bisa menulis yang ada adalah orang yang padam hasratnya untuk menulis.

Mencari Uang dengan Berbisnis Tulisan
Foto:dailysocial.net
  Apabila tulisan bisa dimuat di media massa terkemuka, honornya betul-betul bisa dinikmati. Kalau Anda tinggal di Jakarta, atau di ibukota propinsi bisa mengantar langsung tulisannya ke redaksi, ketemu langsung dengan redaktur. Meskipun bisa saja mengirim tulisan melalui email, tidak perlu repot keluar rumah, biayanya juga murah. Tetapi ada yang tidak didapatkan kalau hanya lewat email. Ketemu langsung redaktur yang tentu akan berpengaruh bagi nasib tulisan Anda.
   Memang tinggal di kota besar, lebih memungkinkan untuk bergerak, dengan konsekuensi biaya hidup lebih tinggi dibanding dengan hidup di kota kecil atau di desa. Tetapi, ada seorang penulis free lance tingggal di kota kabupaten yang jauh dari kota besar nyatanya dia bisa menikmati honor tulisan-tulisannya. Tetapi kemudian memang dia kemudian pindah tinggal di kota propinsi karena ditarik menjadi redaktur di sebuah majalah berbahasa daerah.
   Cerita semacam memang banyak terjadi. Para penulis free lance yang kemudian ditarik untuk menjadi redaktur. Dengan pertimbangan penghasilannya tiap bulan jelas, maka tawaran itu diterima. Tetapi dengan konsekuensi, namanya kemudian tidak lagi diketemukan di berbagai media massa, hanya dijumpai di media tempat dia bekerja. Menjadi free lance penghasilan bisa lebih tinggi dibanding masuk dalam lingkungan perusahaan. Tetapi semua itu ada plus dan minusnya. Menjadi free lance namanya bisa lebih terkenal karena menulis di berbagai media massa,. Sisi minusnya, tidak teratur, penghasilan naik turun, bahkan bisa drastis. Ketika lagi produktif dan banyak dimuat, penghasilannya besar..Sebaliknya ketika sedang tidak produktif atau tulisan hanya sedikit yang termuat, maka penghasilannya pun minim. Bahkan mungkin bisa nombok.
   Sebetulnya tinggal bagaimana mengatur uang yang sudah diperolehnya. Tidak ada salahnya Anda yang belum mendapat pekerjaan mencoba menulis, siapa tahu  setelah menulis beberapa kali ada penerbitan yang melirik Anda untuk masuk memperkuat jajaran redaksi. Kalau tulisan ini mendapat respon positif dari pengunjung blog ini maka tulisan ini akan disambung dengan bagiamana menulis dan kiat apa agar redaktur perhatian terhadap tulisan Anda.      

Share this article :

1 comments:

Popular Posts

 
Support : Nusajawa Network | Blog SEO Adsense | Galeri Bola
Copyright © 2013. Gelora Blog - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger Edited by Nusajawa Network