Home » » Mencari Uang dengan Berbisnis Tulisan 2

Mencari Uang dengan Berbisnis Tulisan 2

Written By Fiksi Blog on Sunday, December 1, 2013 | 8:15 PM


Setelah bicara esay kali ini giliran feature karangan lengkap non fiksi juga bukan berita runing atau yang biasa disebut straight news. Feature dipaparkan secara hidup sebagai pengungkapan daya kreativitas, kadang-kadang dengan sentuhan subjektifitas penulis terhadap peristiwa, situasi, aspek kehidupan, dengan tekanan pada daya pikat manusiawi (human interest) untuk tujuan memberi informasi, menghibur, mendidik dan meyakinkan pembaca.
mencari uang dengan berbisnis tulisan 2
Putra Pribumi.Blogspot

Penulis feature bisa lebih bebas dalam menulis, bisa seperti menulis cerita yang terpenting bisa menarik perhatian pembaca.

Sebelum menulis perhatikan sekeliling agar bisa mengetahui apakah ada bahan yang lucu, unik, tidak biasa dan dramatis yang layak untuk diceritakan kepada pembaca. Cara untuk mendapatkan bahan tulisan melalui terjun langsung untuk mengamati, juga wawancara dengan narasumber yang sesuai dengan pokok bahasan dalam feature.

Dalam wawancara siapkan pertanyaan penting yang jawaban narasumber mungkin bisa digunakan untuk lead berita atau penutup tulisan. Memulai menulis seperti yang sudah dijelaskan dalam tulisan Mencari Uang dengan Berbisnis Tulisan 1.

Judul harus menggugah perhatian, kreatif dan orisinal.  Bahan yang diperkirakan menarik perhatian pembaca taruh sebagai pembuka. Kemudian bahan menarik lainnya ditaruh di penutup. Bagian tengah feature bisa digunakan untuk cerita tambahan yang membuat orang penasaran untuk membaca sampai selesai.

Setelah selesai jangan lupa teliti kembali terutama sisi menariknya. Bagaimana aturan 5W+1H sudah terpenuhi apa belum. Penulisan nama orang, jabatan, kedudukan sudah tepat belum? Apakah data dan fakta akurat. Semoga tulisan yang berasal dari berbagai sumber ini bermanfaat bagi pengunjung blog ini. 

Terimakasih atas kunjungannya. Tulisan berikutnya tentang fiksi.
Share this article :

1 comments:

Popular Posts

 
Support : Nusajawa Network | Blog SEO Adsense | Galeri Bola
Copyright © 2013. Gelora Blog - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger Edited by Nusajawa Network