Home » » Kiat Berinvestasi dengan Bijak

Kiat Berinvestasi dengan Bijak

Written By Unknown on Sunday, November 17, 2013 | 2:30 PM

Berinvestasi memang sebaiknya berhati-hati agar tidak menderita kerugian atau bahkan ada yang sampai kena tipu. Tentunya Anda tidak ingin mengalami hal-hal seperti itu. Berikut ini ada tujuh kiat berinvestasi yang bijak dan aman. Bahan diambil dari materi Sekolah Pasar Modal Bursa Efek Indonesia  Kelas Basic yang  diselenggarakan oleh Fakultas Ekonomi Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta beberapa waktu yang lalu.
Kiat Berinvestasi dengan Bijak
Credit Foto: Slowbuddy.com

1. Pertama menentukan  tujuan investasi Anda. Misalnya untuk pembelian rumah, atau biaya sekolah anak. Atau untuk kedua-duanya, karena merupakan pilihan yang sama-sama pentingnya. Atau juga investasi untuk tujuan lainnya lagi.

2. Tentukan jangka waktu, tentukan time horizon untuk investasi Anda. Anda akan tahu berapa lama/sering Anda harus menginvestasikan uang Anda.

3. Kenali profil resiko Anda. Risk appetite seorang investor berbeda dengan investor yang lain. Kenali berapa besar resiko yang dapat Anda hadapi. Biasanya semakin berisiko hasilnya juga semakin bagus. Tetapi perlu kehati-hatian dan perhitungan cermat.

4.Kenali dan pelajari produk investasi. Ada banyak sekali produk /instrumen investasi. Kenali masing-masing prduk investasi beserta untung ruginya.

5. Ragamkan portofolio investasi

Diversifikasikan investasi pada berbagai macam produk investasi sesuai dengan profil risk Anda. Ingat  dan terapkan prinsip"don't put your eggs in one basket". Jika yang satu tidak menguntungkan masih ada simpanan di tempat lain yang mungkin menguntungkan.
6. Ukur kinerja investasi. Bandingkan tingkat imbal hasil investasi  Anda dengan acuan (benchmark) untuk mengukur kinerjanya.

7. Lakukan pantauan secara berkala. Ikuti perkembangan investasi Anda secara periodik. Lakukan suatu antisipasi apabila terjadi sesuatu yang dapat menghambat kinerja investasi Anda.

Lalu bagaimana untuk bisa menghindari penipuan? Jawabannya ada pada tulisan Kiat menghindari penipuan berkedok investasi.
Share this article :

0 comments:

Post a Comment

Popular Posts

 
Support : Nusajawa Network | Blog SEO Adsense | Galeri Bola
Copyright © 2013. Gelora Blog - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger Edited by Nusajawa Network